MAKANAN

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Makanan adalah bahan selain obat, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dana nutrisi. Cairan dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai. Istilah ini kadang-kadang dipakai dengan kiasan, seperti "makanan untuk pemikiran". Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi secara antropometri.dan kita juga mengetahui,bahwa makanan sangat  lah penting bagi kelangsungan makhluk hidup, terutama bagi manusia dan hewan.

Kita sebaiknya makan makanan sehat  untuk anmemenuhi kebutuhan tubuh. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi dalam jumlah yang seimbang serta higienis. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat , lemak, proteijn, vitamin. Air. Dan unsus-unsur mineral, makanan higienis adalah makanan yang tidak mengandung bibit penyakit ataupun zat-zat yang mengadung dan membahayakan kesehatan tubuh.

Fungsi Makanan
Makanan dipecah menjadi zat-zat yang diperlukan oleh tubuh untuk memenuhj beberapa kebutuhan tubuh sebagai berikut.
1.      Sebagai penyedia bahan bakar atau sebagai sumber energi. Zat-zata makanan yang dioksidasi dalam tubuh akan menghasilkan energy yang dibutuhkan untuk aktivitas tubuh. Zat makanan yang dapat menghasilkan energy adalah karbohidrat, lemak ,dan  protein. Kandungan kalori pada setiap gram zata-zat tersebut berbeda-beda. Untuk karbohidrat sekitar 4.1 kalori; lemak sekitar 9.3 kalori; dan protein 4.1 kalori.
2.      Sebagai pembangun tubuh. Makanan diperlukan sebagai komponen penyusun protoplasma yang berfungsi dalam proses pertumbuhan, perkembangan, dan penggantian sel-sel tubuh yang rusak. Zat makanan yang berfungsi sebagai pembangun tubuh adalah protein dan beberapa mineral.
3.      Sebagai pelindung dan pertahanan tubuh. Zat makanan berperan dalam mengatur tekanan osmosis sehingga tubuh terjaga dalam keseimbangan (homeostasis),berperan pada oksidasi biologis, dan menjadi penyusun antibodi. Sumberdari zat makanan tersebut adalah protein, vitamin, dan mineral
.




BAB II
PEMBAHASAN
Zat-Zat Makanan Dan Peranannya Di Dalam Tubuh
Tubuh manusia dalam aktifitas kehidupannya memerlukan lebih dari  50 macam zat makanan yang berbeda-beda. Zat-zat makanan tersebut ada yang dibutuhkan dalam jumlah banyak (makronutrien), ada pula yang dibutuhkn dalam jumlah sedikit (mikronutrien). Zat makanan yang dibutuhkan dalam jumlah banyak yaitu karbohidra, protein, dan lemak. Zat makanan yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, yaitu vitamin dan mineral.
Karbohidrat
Didalam karbohidrat merupakan hasil sintesis CO2 dan H2O dengan bantuan sinar matahari dan zat hjjau daun (klorofil) melalui fotosintesi. Karbohidrat merupakan sumber kalori bagi organism heterotrof (makhluk hidup yang memerlukan sumber senyawa organic dari dari lingkungannya untuk memperoleh energi).

Struktur kimia karbohidrat
            Karbohidrat merupakan suatu melekul yang tersusundari unsure-unsur karbon (C), hydrogen (H), dan oksigen (O) dengan rumus umum CnH2nOn. dilihat dari gugus gula penyusunannya, karbohidrat dapat dibagi menjadi tiga golongan sebagai berikut:
·         Monosakarida
Monosakarida (C6H12O6) adalah karbohidrat yang terdiri dari suatu gugus gula. Monosakarida memiliki rasa manis dan mudah larut dalam air. Contoh ,ono sakarida adalah heksosa, glukosa, fruktosa, galaktosa, dan manosa.
·         Disakarida
Disakarida (C12H22O11) adalah karbohidrat yang terdiri dari dua gugus gula. Disakarida juga memiliki rasa manis dan mudah larut dalam air. Contoh disakarida adalah laktosa (gabungan antara glukosa dan laktosa, sukrosa (gabungan antara glukosa dan fruktosa), maltosa (gabungan antara glukosa dan glukosa).
·         Polisakarida
Polisakarida (C6H10O5) adalah karbohidrat yang terdiri dari banyak gugus gula. Polisakarida biasanya tidak berasa dan sukar larut dalam air. Contoh polisakarida adalah amilum yang tersusun dari 60-300 gugus gula berupa glukosa, glikogen ( yang tersusun dari 12-16 gugus gula), ratusan hingga ribuan gugus gula dengan tambahan senyawa lainnya.
Sumber Dan Fungsi Karbohidat
            Bahan-bahan yang mengandung karbohidrat antara lain padi, ubi jalar, jagung, gandum, talas, ketela pohon, kentang, dan sagu.
            Karbohidrat memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai sumber energi dan mengatur proses metabolism, menjaga keseimbangan asam dan bassa, serta sebagai bahan pembentuk struktur sel, jaringan, dan organ tubuh. Misalnya, ribosa (yang merupakan monosakarida dengan lima karbon merupakan komponen utama penyusun gen dalam inti sel) dan laktosa (berfungsi dalam penyerapan kalsium). Selain itu, ada pula selulosa yang merupakan ccontoh karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Selulosa berperan membantu mencerna sisa pencrnaan sehinggadapat mencegah terjadinya konstipasi (sembelit).
            Glukosaa merupakan sumber energi. Akan tetapi, untuk dapat menghasilkan energi, glukosa harus mengalami proses oksidasi secara bertahap, yaitu glikolisis, siklus kerbs, dan system transpor electron. Secara garis besar, tahapan proses oksidasi tersebut adalah sebagai berikut.
·         Proses glikolisis
Reaksi-reaksi yang berlangsung dalam proses glikolisis dibagi kedalam dua fase. Pertama, glukosa yang diaktifkan oleh molekul ATP diubah menjadi glukosa fosfat. Kedua, glukosa fosfat diubah menjadi asam pirufat melalui reaksi oksidasi.


·         Siklus Kerbs
Asam pirufat hasil glikolisis akan dioksidasi melalui siklus kerbs sehingga menghasilkan CO2dan asetil Ko-A asetil Ko-A yang teroksidasi sempurna akan menghasilkan atom hydrogen tinggi serta melepaskan O2 dan energy dalam bentuk ATP, NADH, dan FADH2.


·         System transport elektron
Atom hydrogen berenergi tinggi hasil siklus kerbs akan berpisah menjadi proton berupa ion hydrogen (HP) dan electron berenergi tinggi. Ion hydrogen akan menangkap electron dari oksigen bebas dan membentuk senyawa air (H2O) sedangkan electron berenergi tinggi akan berpindah jedalam molekul pembawa elektron, yaitu NAD dan FAD. Selanjutnya, NAD dan FAD akan masuk kedalam rantai transport elektron dan fosforilasi oksidatifyang akhirnya menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Keseluruhan proses tersebut dibantu oleh enzim sitokrom oksidasi.

Lemak
            Lemak atau lipid adalah zat organik hidrofobik sehingga sukar larut dalam air. Namun, lemak dapat laut dalam pelarut organik, seperti klorofrom,eter, dan benzen.

Sturuktur lemak

·         Lemak sederhan
Lemak sederhan tersusun oleh trigliserida, yang terdiri dari satu gliserol dan tiga asam lemak  contoh senyawa lemak sederhan adalah lilin (wax), malam atau plastisin (lemak sederhana yang dapat pada suhu kamar) dan minyak (lemak sederhana yang cair pada suhu kaamar).

·         Lemak campuran
Lemak campuran merupakan gabungan antara lemak dengan senyawa bukan lemak seperti fosfat, protein, dan glukosa. Misalnya, lipoprotein yang merupakan gabungan antara lipid dengan proteni, fosfolipid yang merupakan gabungan antara lipid dengan fosfat, serta fosfatidilkolin (yang merupakan gabungan antaralipd, fosfat, dan kolin).

·         Derivat lemak
Derivat lemak merupakan senyawa yang dihasilkan dari proses hidrolisis lipid. Misalnya kolestrol , asam lemak, sterol, dan gliserol. Kolestrol merupakan komponen utama pada memnran sel hewan dan juga merupakan precursor (senyawa pemula) untuk membuat hormone steroid, seperti kortikosteroid dan hormone sek. Kolestrol di dalam hati digunakan untuk mensintesis empedu, asam kolat,dan beberapa garam empedu, asam lamak untuk penyerapan lemak.
Makanan sehat:
·         Makanan yang banyak mengandung zat-zat makanan yang esensial sesusi dengan kebutuhan dan pertumbuhan seseorang
·         Adanya zat makanan utama
·         Sesuai dengan pertumbuhan dan kebutuhan seseorang
·         Berguna dalam pembinaan kesehatan
Tiga syarat untuk makan
·         Makanannya bernilai lezat, lemak
·         Jangan makan terlalu banyak
·         Berhenti makan sebelum kenyang

Makanan harian dalam kehidupan masyarakat dapat dipolkan:
·         Pola makan empat sehat lima sempurna, empat sehat terdiri dari zat-zat makanan, protein, mineral, lemak vitamin, air dan lima sempurna + susu
·         Sedangkan pol-pola lainnya dinamakan makanan seimbang makanan seimbang adalah pola makan yang terdapat adanya keseimbangan antatara kelompok zat-zat makanan pembangun, kelompok penghasil energi dan pengatur.
Makanan yang dibutuhkan manusia biasanya dibuat melalui bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan. Beberapa orang menolak untuk memakan makanan dari hewan seperti, daging, telur dan lain-lain. Mereka yang tidak suka memakan daging dan sejenisnya disebut vegetarian yaitu orang yang hanya memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka.
Pada umumnya bahan makanan mengandung beberapa unsur atau senyawa seperti air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, enzim, pigmen dan lain-lain.
Makanan yang biasa dikonsumsi oleh Manusia
Sumber tumbuhan
Sumber Hewan
Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-harinya. Makanan dapat membantu kita dalam mendapatkan energi,membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Protein, karbohidrat, lemak, dan lain-lain adalah salah satu contoh gizi yang akan kita dapatkan dari makanan.
Setiap jenis gizi yang kita dapatkan mempunyai fungsi yang berbeda. Karbohidrat merupakan sumber tenaga yang kita dapatkan sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan kita, baik otak maupun tubuh kita. Lemak digunakan oleh tubuh kita sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh kita saat kita membutuhkan energi.
Keunikan makanan
Makanan pasti dimakan oleh seluruh manusia di dunia ini. Kebutuhan makanan setiap orang di dunia ini berbeda. Orang yang tinggal di Kutub Utara dan Kutub Selatan , membutuhkan banyak makanan untuk membantu menghangatkan dirinya agar suhu tubuh nya tetap normal. Sedangkan bagi orang yang tinggal di daerah tropis, mereka justru membutuhkan banyak minuman dibandingkan dengan makanan. Selera makanan orang di setiap negara pasti berbeda, sehingga setiap negara mempunyai makanan khas sendiri. Di Amerika Serikat, rata-rata penduduknya memakan pizza, hamburger dan hot dog sebagai makanan pokok mereka. Di Indonesia, rata-rata penduduknya memakan nasi sebagai makanan pokok mereka disamping beberapa bahan makanan alternatif yang banyak juga dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Sagu, Jagung dan Ketela. Begitupun dengan Eropa dan negara-negara lainnya. Jadi, dapat dipastikan, bahwa setiap negara] mempunyai makanan khas masing-masing.
Makanan hewan
Di alam bebas, hewan mempunyai jenis makanan tersendiri. Sumber makanan hewan dikelompokkan ke dalam dua macam, yaitu tumbuhan dan hewan. Makanan yang berasal dari tumbuhan di antaranya dapat berupa daun, batang, buah, biji-bijian, dan akar atau umbi-umbian. Sedangkan makanan yang berasal dari hewan dapat berupa daging, ikan, tulang, dan serangga.
Tumbuhan merupakan sumber makanan yang banyak dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Hampir semua bagian tumbuhan dapat di makan oleh hewan. Dari daun, batang, buah, bunga, biji, sampai akarnya pun bisa dijadikan sumber makanan.
Daun
Bagian tumbuhan yang paling umum dijadikan makanan hewan adalah daun, mislanya saja ulat. Ulat banyak terdapat di daun-daun tumbuhan. Ulat memakan daun-daun tumbuhan tempat dia berada. Selain ulat, masih banyak hewan lain yang makanan utamanya adalah daun. Misalnya, kambing, jerapah, kijang, zebra, sapi, dan kelinci.
Batang
Di desa, banyak petani yang memelihara sapi atau kerbau. Selain bisa diambil tenaganya, hewan tersebut juga bisa dijadikan penghasilan tambahan bagi para petani. Salah satu jenis makanan sapi adalah batang tumbuhan padi dan jagung. Tumbuhan lain yang biasa dimakan batangnya adalah pohon bambu. Panda sangat menyukai batang bambu muda.
Buah
Ada beberapa jenis ulat yang makanan utamanya adalah buah. Jenis ulat ini biasanya dianggap hama bagi para petani buah karena merugikan.
Biji
Biji merupakan bagian tumbuhan yang disukai oleh berbagai jenis hewan, terutama jenis burung. Biji padi dan jagung merupakan makanan lezat bagi burung pipit. Selain itu biji kenari banyak diincar tupai.
Makanan berupa hewan
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Karnivora
Banyak bagian hewan yang bisa dimakan oleh hewan karnivora misalnyanya dagingnya, tulangnya, juga telurnya. Hewan-hewan kecil banyak yang menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar. Hewan yang bertubuh besar juga dapat menjadi makanan hewan lain. Tikus menjadi mangsa kucing. Kelinci menjadi makanan elang. Bahkan di hutan, hewan besar seperti jerapah, kijang, dan kerbau dijadikan mangsa oleh harimau dan singa.



BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN       
1.      Makanan adalah bahan selain obat, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dana nutrisi.
2.      Makanan yang dibutuhkan manusia biasanya dibuat melalui bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan.
3.      Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-harinya.
4.      Mereka yang tidak suka memakan daging dan sejenisnya disebut vegetarian yaitu orang yang hanya memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka.
5.      Makanan dapat membantu kita dalam mendapatkan energi,membantu pertumbuhan badan dan otak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar